Selasa, 24 Februari 2015

Jalan Jalan ke Apparalang

Ini perjalanan trip pertama bareng komunitas Makassar Backpacker di tahun 2015, Apparalang, tempat yang lagi nge-hits di social media

Saya pribadi mengetahui Apparalang ini, fanpage di facebook salah satu komunitas jalan-jalan juga memposting katanya surga tersebunyi di Sulawesi Selatan

Beruntung tidak lama kemudian setelah kopdar bersama anggota Makassar Backpacker kita berencana mengunjungi explore kabupaten Bulukumba di awal February, bertepatan juga saat itu festival datu di tiro (berbagai acara adat traditional yang ada di Bulukumba), kali ini tripnya kita pergi bersama dan pulang tidak bersama hehehe karena ada 2 tim. Tim 1 selama 2 hari (sabtu dan minggu) dan tim 2 selama 3 hari (sabtu,minggu dan senin) kebetulan saya masuk di tim 1

Iten tim 1
Day 1
Pagi-pagi kumpul di mesjid Telkom Pettarani Makassar, dan kita berangkat sekitar jam 10 pagi, lanjut makan siang ke pantai seruni kabupaten Bantaeng, oh iya buat yang punya banyak waktu untuk explore kabupaten Bantaeng ini ada beberapa pantai yang ciamik untuk dijadikan obyek photo-photo salah satunya pantai Marina, setelah makan siang selesai lanjut ke Kajang, tempat ini terkenal dengan adat yang sampai sekarang masih di pegang penuh yakni siapa pun yang masuk ke dalam area Kajang Dalam, harus menggunakan pakaian yang berbaju hitam dan satu lagi syaratnya jika ingin memasuk rumah kepala adat Kajang dilarang menggunakan sandal dan memphoto isi dalam rumah, jadi semua sandal kita simpan di depan pagar dan handphone dalam keadaan off. Jarak antara gerbang/tempat parking kendaraan sampai ke rumah kepala adat sekitar 15 menit dengan berjalan kaki

Sekitar setengah jam kita ngobrol-ngobrol dengan kepala adat Kajang, walaupun ng semua saya mengerti arti dari yang di omongkan, karena menggunakan bahasa daerah Bulukumba (kalau bahasa bugis sh saya ngerti :) )

Sayangnya, saat tulisan ini di buat ternyata photo di kajang tidak ada di handphone, lain waktu yach saya upload, photonya sudah di copy ke laptop

Setelah selesai dari Kajang dan waktunya sudah sore hari, perjalanan di lanjutkan dengan camp di pantai Bara, sempat kami tersesat dan terpisah dengan rombongan menuju area camp hehehe namun akhirnya team yang sudah duluan tiba dilokasi menjemput di tempat kami nyasar

Karena memang sudah larut malam , waktunya tidurrr zzzzzz

Total perjalan menggunakan mobil dari Makassar ke Kabupaten Bulukumba sekitar +/-  6 jam , cerita diatas lebih lama karena kami singgah di beberapa tempat sebelum menuju ke Bulukumba

Day 2
Pagi hari, cuaca di pantai Bara mendung, sayang sebenarnya karena kata orang tempat terOK untuk melihat matahari terbit yach ada di area ini, cuman tidak mengurunkan niat untuk photo2 bersama : ) , setelah semuanya puas dan tenda mulai di "gulung" dan perlengkapan sudah diangkut ke mobil saatnya menunjungi destinasy inti , Apparalang .. yeyyyy , sepanjang jalan berdoa semoga cuaca bersahabat

Bagaimana sampai ke Apparalang
Berjarak kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan dari arah pantai bira menuju ke kota Bulukumba sebelah kanan jalan patokannya ada SMK 6 yang berwarna biru (kalau dari arah kota Bulukumba SMK 6  berarti berada di sebelah kiri sebelum sampai ke Pantai Bira) masuk ke arah SMK 6 tersebut sampai bertemu dengan gapura (sebelah kanan jalan) dan langsung belok kanan , kalau ragu jangan lupa bertanya ke penduduk setempat, setelah melewati gapura tersebut jalan lurus aja nanti akan bertemu lagi dengan pertigaan , jangan khawatir ada petunjuk jalannya kok di pertigaan itu arah ke Aparalang. Ada baiknya ke sana menggunakan motor namun bila ingin tetap menggunakan kendaraan avanza seperti trip kami ini sebaiknya bersama driver yang tingkat advance karena medannya sulit dan bertebing, jangan menggunakan mobil jenis sedan

Jalan yang cukup terjal dan belum sepenuhnya di aspal, bahkan beberapa diantara rute jalan hanya bisa di gunakan untuk satu jenis mobil jika berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, salah satunya harus mundur sampai dapat jalan yang agak lebar yang bisa membuat mobil saling berpapasan selain itu sekitar jalan masuk masih banyak melintang ranting-ranting pohon

Waktu kami sampai disana, jumlah pengunjungnya belum sebanyak pengunjung pantai bara dan pantai bira bahkan tukang parkir dadakan yang biasa muncul di objek wisata juga belum ada (jadi kali ini parkirnya ng pakai bayar), namun beberapa jualan minuman dan makanan ringan sudah ada, toilet berbayar pun sudah ada

Ada baiknya jika masih ragu menggunakan mobil ke area Apparalang ini, bisa menyewa boat/perahu kecil dari pantai bira , saat kami kesana ada sekitar 3 perahu kecil yang membawa penumpang yang sedang snorkeling

Untuk menikmati Apparalang ini bisa dengan hanya bersantai melihat-lihat pemandangan atau menjadi penonton orang-orang yang berenang, orang-orang yang sedang menguji nyali terjun dari ketinggian juga ada, pemandangan alam bawah lautnya tidak banyak, hanya berupa bebatuan , ombak yang tenang dengan gradasi warna biru laut yang jernih, sehingga kita yang tidak berenang pun bisa melihat bebatuan bawah lautnya, sayang saat itu kondisi saya sedang tidak fit jadi hanya melihat orang berenang saja, namun trip berikutnya harus berenang eh berendam lebih tepatnya :) , untuk turun berendam/berenang, ada berbagai macam cara bisa melewati tangga, bisa langsung lompat dari jembatan, lebih ekstrim lagi lompat dari tebing (beberapa anak muda bernyali melakukan yang ekstrim ini, kalau saya sh ng berani )

Setelah puas photo2 dan matahari juga sudah menampakan kesinarannya, perjalan di lanjutkan ke pantai samboang dimana terdapat berbagai macam acara traditional datu di tiro tadi, kami sempat nonton lomba menunggang kuda (cukup banyak yang menghadiri acara datu di tiro ini) dilanjutkan makan siang dan terkahir perjalanan pulang ke Makassar, untuk oleh-oleh jangan lupa singgah di penjual jagung rebus yang ada di kabupaten Jeneponto,

Sepanjang sejarah, Bulukumba trip ini adalah trip peserta terbanyak selama acara jalan-jalan Makassar Backpacker, sebanyak lebih dari 50 orang yang ikutan di trip ini