Selasa, 08 Desember 2015

Catatan A to Z, 2 hari bersama Travel N Blog 5 - Makassar

"Akhirrnyaaaa" ini kalimat pertama yang terucap saat membaca twitternya @TravelNBlogID kalau acara Travel n Blog yang kelima akan diadakan di Makassar tanggal 5 dan 6 Desember 2015, lokasinya di Digital Lounge Jalan Ratulangi. Ini adalah acara yang kelima kalinya setelah sebelumnya acara serupa sudah di selenggarakan di kota Jakarta, Bandung dan Semarang ("loh kota satunya lagi ? ") dan Jakarta sudah dua kali di selenggarakan.

Catatan From A to Z mengenai acara seru ini :
Alasan mengikuti acara ini, setiap orang pasti memiliki alasan kenapa ikut di Travel n Blog dan ini bisa macam-macam, generally ingin memberikan informasi tentang jalan jalan bagi orang lain, berbagi pengalaman mengenai destinasi, mendapatkan tambahan pendapatan, cerita buat anak cucu di masa mendatang, ingin terkenal *Ehhh, dari semua tujuan positif yang sudah diutarakan tadi, pastinya yang akan menentukan arah perjalanan blogging kamu selanjutnya.

Branding blog, jangan ragu untuk melakukan marketing your self in blog, salah satunya dengan cara berdiskusi dengan orang-orang yang sudah terlebih dulu menggeliti dan belajar dunia ini, bergabung komunitas juga bisa membantu karena di situ tempat berkumpulnya informasi.

Cari sesuatu yang unik dari angel yang berbeda, jika ingin lebih menarik kemas dalam bentuk angel lain yang tidak umum dimasukan kebanyakan orang, gunakan seluruh panca indera sehingga bisa lebih peka, salah satunya cara banyak membaca tentang destinasi yang ingin di tuliskan.

Daeng Ipul salah satu Blogger Makassar sekaligus pengisi materi diacara ini, beliau sudah nge-blog sejak 2006 dan tergabung di komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri, hari pertama nge-guide kita untuk acara outdoor, menceritakan banyak hal tentang kerajaan Gowa, kejayaan masa lampau,  dihari kedua sebagai satu tamu di sesi sharing dengan tema positioning and promotion , informasi yang didapatkan banyak, salah satunya beliau belum menemukan blogger makassar yang spesifik membahas tema travel, selain itu memasukan local content dalam tulisan itu perlu.

Ekspektasi karena suka, kegiatan blogging itu jangan langsung memiliki ekspektasi uang, karena akan membuat frustasi sendiri apabila sampai pada titik blog kamu belum memberikan penghasilan, ini salah satu yang membuat keberlanjutan blog kamu tidak akan bertahan lama, so lakukan karena senang dan selanjutnya hal lainnya akan mengikuti.

Firsta, speaker satu ini unik dalam memberikan opening, gimana ng unik coba, aku yang baru datang, langsung di sodorin kertas dengan pertanyaanya tentang reason dan aim dari blog. Di sesi  managing your blog, materi yang di bawakan dibuat santai jadi enjoy mendengarkan cerita cerita selama sejaman, termasuk tentang background para travel blogger, sisi lain yang harus di tulis dari suatu perjalanan bisa dari culture, food and people termasuk memperhatikan sudut pandang yang kira kira di perlukan oleh reader, so jangan lupa tempatkan diri sebagai pembaca.     

Gerimis tak dapat di hindari saat acara outdoor, tapi ini tidak menyurutkan rombongan, kita berteduh di museum Kareng Pattingaloang yang didepannya terparkir meriam jaman dulu, didalam museum terdapat cermin besar yang memantulkan gambar dari langit langit atap serta benda benda bersejarah yang di kemas di tiap tiap lemari kayu, saat gerimis selesai dan keluar dari musium tersebut aduhayyy ternyata di sambut dengan pelangi yang seolah ingin memberi sambutan "selamat sore"

Herritage Tour di 2 benteng di sekitaran Makassar. Perjalan pertama yakni Benteng Somba Opu Gowa, kami pun mampir di museum Kareng Pattingaloang dan berkeliling di sekitaran lokasi benteng dan yang kedua Benteng Fort Rotterdam, ngapain aja selama kegiatan ini tertulis khusus di cerita Berkunjung di 2 Benteng dalam 4 Jam

Imallombasang Daeng Mattawang Muhammad Baqir Karaeng Bonto Mangape Sultan Hasanuddin, nah panjang khan, nama lengkap dari Sultan Hasanuddin yang terdiri atas gelar kebangsawanan, ilmu baru nh, saya aja yang tinggal di Makassar dan sering menyebut nama sultan Hasanuddin baru tau kalau ternyata namanya sepanjang ini, dalam buku sejarah ada ng ya? 

Jalan jalan tapi tidak ada kejadian? trus apa yang ditulis? ini menjadi salah satu pertanyaanku di salah satu sesi saat acara berlangsung. Cerita perjalan selain menulis "how to get there" bisa jadi story of destiny, misalnya jalan jalan ke toraja bukan hanya cerita tentang rumah adat, bisa jadi mengambil sisi lain yang di temukan selama perjalanan seperti di bus dominan mendengarkan lagu lagu rohani, karena orang toraja kuat memelihara adat dan agam.

Konsep dan konten, ini menjadi kekuatan dalam sebuah tulisan, bisa ng blog tanpa konsep? bisa tapi kurang tajam

Lomba blog, bisa jadi pemacu dalam mengasah ketajaman tulisan kamu sekaligus mendisiplinkan diri dalam menulis mengingat setiap lomba selalu ada deadline, syukur syukur bisa menang, kalau belum menang, baca tulisan tulisan mereka yang sudah menang dan pelajari apa yang menjadi sisi menarik dari tulisan tersebut.

Mozta atau Ary, sesi materi terakhir sebelum masuk ke sesi diskusi, materi yang dibawakan tentang blog construction, materi yang sedikit teknis tapi menarik, bagaimana blog supaya enak di lihat, pemilihan font yang tidak membuat pusing pembaca, does and don't, widget 3 kolom yang sudah jadul sebaiknya di hindari, struktur blog saat ini kembali ke konsep dasar sederhana, beliau juga menyarankan untuk lebih sering melihat trend yang menjadi model dari konstruksi sebuah blog.

Namun bagaimana jika sedang tidak jalan jalan? bisa saja menuliskan hal hal yang dianggap biasa tapi dibutuhkan orang lain, misalnya transportasi dari bandara ke kota, rekomendasi jajan massal dan lain lain.

Originilitas tulisan, perhatikan copy right, jangan pernah copy paste dari tulisan orang apalagi mengaku itu tulisan kamu, masukan sumber jika mengutip dari suatu sumber bacaan.

Photo memberikan porsi penting, tidak melulu photo selfie dan kalau lagi bosan nulis boleh juga hanya masukan photo-photo seolah olah gambar tersebut yang sedang bercerita.

Quote dari Daeng Ipul saat mengisi di acara sesi sharing keren loh, salah satunya "manusia kaya dari apa yang dimiliki, dan bahagia dari apa yang diberikan" ahayyy

Rahman Arief (eh terbalik *maaf), membukanya dengan sesi hasil dari survei yang dilakukan kenapa orang tertarik membaca blog dan hal apa yang membuatnya menjadi menarik, struktur tulisan yang terdiri dari pembukaan, tengah dan penutup. Buat pembukaan yang menarik karna ini menentukan apakah orang yang membacanya tetap betah membaca tulisan kamu atau berhenti, porsi paling panjang adalah bagian tengah dan buat akhiran yang bahagia.

Spesifik Blog agar mempermudah ketajaman dan pihak endorsment juga lebih mudah menyeleksi, kalau isi blog campur campur akan membingungkan kalaupun harus campur ada 3 atau 4 tema saja, dari tema yang di masukan nanti ketahuan genre lebih dominan kemana.

Trend tulisan bertema travel saat ini lebih ke story, karena orang lain sudah banyak memilih tulisan tentang how to

Usahakan konsisten agar tidak di tinggalkan oleh reader,  bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali asal jangan setahun sekali nanti dikira lebaran dan bisa jadi sudah lupa password untuk log in di blog

Vira dan Mumun dari indihoy.com, mumun sebagai mc/moderator dari hari pertama dan hari kedua yang membuat suasana menjadi cair dan tidak mebosankan, Vira bertugas pembicara pertama di hari pertama sesi travel blogging, siapa siapa travel blog yang ada di Indonesia dengan fokus tulisan mereka masing -masing

Wira Nurmansyah, memberikan materi mendadak bikin iri sekaligus bengong dan bertanya tanya "kok bisa yach mengambil photo se ciamik itu", waktu yang tepat untuk memotret yakni saat sunrise dan sunset karena saat itulah warna warna yang akan ditangkap akan keluar, perhatikan proporsi yang membentuk garis horisontal, vertikal, segitiga dan simetris satu sama lain intinya harus sabar menunggu momen, kamera dengan sensor yang lebih luas memberikan hasil yang lebih bagus, serta  megapixel yang besar bukan menjadi patokan kualitas dari photo.

X heheh agak susah mencari catatan yang berawalan X, di loncatin ng pha2 ya ... piiiss

Yang menjadi trend layout kembali yakni dengan warna dasar yang sederhana dan tidak berlebihan, orang lebih cenderung suka yang standar sehingga tidak membuat lelah membacanya.

Zosial media (upss yang terakhir agak maksa baca: sosial media), ini adalah sarana paling mumpuni untuk bisa menjaring pembaca, promosi sosial media baik itu di Twitter, Facebook, Instagram, Google Plus, paling efektif yang mana dari kesemuanya? jawabnya tergantung dari siapa audience yang di tuju, waktu terbaik buat ngepost sebaiknya di prime time seperti pagi saat orang mau mulai beraktifitas, jam makan siang dan malam setelah makan malam.


Nah itu tadi cerita 2 hari bersama Travel N Blog, keren khan acaranya. Terima kasih sharingnya dan sudah memilih kota kami sebagai salah satu tempat terselenggarnya acara... seru seru seru

Terakhir untuk review dari keseluruhan nh, teori khan udah, latihan nulis juga ada, feed back dan masukan dari speaker dan peserta juga menjadi bagian dari acara ini, saatnya kembali kedepan laptop masing-masing untuk praktek atas ilmu yang berguna ini, semoga tujuannya tetap mulia, tidak hanya plan yang cuma bisa mengendap di draft

Semoga komunikasi kita tidak hanya sampai di tanggal 6 desember kemarin, masih boleh dong nanya nanya dan diskusi yang berkelanjutan ?? :) :)
Travel N Blog Makassar
Goodie Bag dan Hadiah di Travel n Blog Makassar

6 komentar:

  1. Wahahaha, aku terharu bacanya. Banyak banget dari A-Z :)))
    Semoga acaranya bermanfaat ya mbak! Dan kami pun bisa sharing-sharing terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaat banget Mas Arif, iya mudah2an team Travel N blog Team diberi kesehatan, biar bisa sharing2 terus

      Hapus
  2. wuiiihh, lengkaaap! keep blogging, Yesti..! dan jangan lupa ikut lomba blognya nanti yaaa :D

    BalasHapus
  3. Aaaaakkk... Komplit banget reviewnya. Cus ikutan lomba ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siippp, makasih juga for good arrangement acara Travel N Blog kemarin, moga-moga tahun depan bisa ikutan tripnya bunyu :)

      Hapus